Jumat, 25 Januari 2013

Cara Berolahraga Segala Zaman


           Berolahraga memang sangat penting untuk kesehatan tubuh yang prima. Berolahraga juga tak hanya bermanfaat menyehatkan tubuh dan pikiran, tapi juga mendorong untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat. Salah satunya membantu tidur lebih nyenyak dan terasa segar ketika bangun keesokan harinya. Namun terkadang setiap orang merasa enggan untuk berolahraga. Padahal mereka semua tahu manfaat berolahraga itu seperti apa. Sebagian orang beranggapan bahwa berolahraga hanya sebatas ekstrakurikuler semasa sekolah dulu. Atau mungkin Anda salah satu yang beranggapan bahwa olahraga hanya merupakan kegiatan mereka yang ingin menjadi atlet/ olahragawan. Berolahraga memang bisa dibilang mudah dan menyenangkan karena bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Mengapa demikian ? Anda pasti penasaran kan, ayo membaca lagi paragraf di bawahnya.
            Seiring berjalannya zaman yang semakin modern, tentu Anda tau perbedaan zaman dulu dengan zaman yang sekarang. Begitu pula dengan cara berolahraga di zaman yang serba praktis seperti sekarang ini. Sedikit memberikan pengaruh pada gaya hidup masyarakat. Gaya hidup yang lebih praktis dan simple mempengaruhi pemilihan olahraga yang biasa dilakukan. Olahraga seperti atletik, atau permainan yang memerlukan lahan yang luas, jarang dilakukan oleh mereka yang memang mempunyai aktifitas yang padat dan tidak sempat untuk berolahraga. Maka dengan berlarian (jogging), maupun fitness banyak dipilih sebagai alternative olahraga yang santai namun tetap menyehatkan. Anda bisa melakukannya di pusat kebugaran, atau berfitness ria dirumah sambil menikmati aktifitas harian bersama keluarga tercinta.
Jogging yang biasanya dilakukan pada pagi hari. Ketika Anda baru bangun dan melakukan jogging. Proses ini memang sudah biasa, namun jika berolahraga pada pagi hari terasa lebih fresh ketika pikiran masih jernih dan tubuh terasa segar menghirup udara pagi hari ketika jogging. Apalagi sepulang jogging, sarapan roti dengan segelas susu. Mmm... akan lebih terasa sehat bukan ? Selanjutnya yaitu berlarian pada siang hari yang tujuan untuk membakar lemak dan banyak mengeluarkan keringat di tubuh. Namun dalam kenyataannya, banyak yang tak sependapat mengenai hal ini. Siang hari memang biasanya untuk beristirahat, siapa mau waktu siang itu di isi dengan berlarian siang bolong, lalu berpanas-panasan di bawah terik matahari yang begitu “wooownya”. Akan tetapi, sebagian berpendapat berlari siang itu bermanfaat bisa membakar lemak dan akan cepat mengeluarkan keringat. Sehingga pendapat terkadang bertolak belakang, tergantung pada Anda yang pemikirannya cenderung mengutamakan kesehatan. Kemudian berlarian pada sore hari ketika seharian menjalani aktifitas yang padat. Mungkin akan terasa fresh setelah melakukan aktifitas dan menghilangkan rasa jenuh. Dengan berlarian sore akan mengurangi rasa jenuh dan akan lebih terasa segar dengan udara pada sore hari.
            Kemudian dengan mendatangi tempat fitnees yang lebih praktis dan terjamin, tak perlu berlarian di lapangan luas, cukup di bantu dengan berbagai alat fitnees yang sangat beragam. Jooger misalnya, alat yang membantu Anda untuk latihan berlari (jogging) yang fungsinya sebagai penghancur lemak di bagian pinggang dan pinggul. Tak hanya itu saja yang Anda dapatkan, alat-alat fitnees yang lain juga membantu Anda memudahkan cara Anda berolahraga. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan senam dengan mengikuti intruksi dari pimpinan di tempat fitnees tersebut. Sangat mudah bukan mendapatkan tubuh yang ideal dan yang Anda inginkan. Anda juga sudah tau manfaat dari berolahraga itu sendiri, seperti yang sudah di jelaskan pada paragraf di atas.
 Berikutnya, akan di jelaskan lebih detail manfaat berolahraga itu seperti apa. Apakah Anda tertarik untuk melakukan olahraga, atau mungkin mendatangi tempat fitness yang serba praktis ? Dari cara-cara berolahraga yang di jelaskan di atas, mulai dari berlarian (jogging), maupun mendatangi tempat fitnees sekalipun, Anda akan mendapatkan manfaat berolahraga itu sendiri. Berolahraga memang sangat penting untuk kesehatan tubuh, salah satunya yaitu meningkatkan kemampuan otak. Dengan latihan yang rutin dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan mental.Yang kedua yaitu mengurangi stres, dengan berolahraga dapat mengurangi kegelisihan. Apalagi melakukan latihan aerobik membuat Anda lebih cepat mengatasi stres karena dapat meningkatkan kemampuan jantung. Aktifitas seperti jalan kaki, bersepeda, berenang dan berlarian merupakan cara terbaik untuk mengurangi stres. Kemudian, manfaat yang ketiga yaitu tidur terasa lebih nyenyak karena melakukan olahraga secara teratur. Berolahraga juga bisa membuat Anda merasa lebih fit dan segar, membuat Anda lebih energik, mengurangi penuaan, dan bisa mengontrol berat bedan. Bisa menumbuhkan rasa kepercayaan diri Anda setelah melakukan olahraga. Juga bisa mengimbangi aktifitas Anda yang padat dengan melakukan olahraga yang teratur.

Oleh: Selfia Mona Peggystia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar