Jumat, 25 Januari 2013

Demam Facebook


           Facebook. Yah, kata facebook bila kita artikan satu persatu dalam bahasa inggris yaitu “face” yang berarti wajah/ muka. Sedangkan “book” yang berarti buku. Cukup gampang bila diartikan kata-perkata. Facebook memang tak asing lagi kita dengar dewasa ini, di mana facebook merupakan situs yang paling banyak di kunjungi. Indonesia sudah menjadi urutan ke tujuh paling banyak mengunjungi situs ini di dunia. Di mana orang bisa melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain melalui jejaring yang kita kenal dengan “facebook”.
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg yang adalah seorang mahasiswa Harvad yang tak lain juga adalah mantan murid Ardsley High School.Facebook juga memberikan fasilitas yang cukup banyak bagi penggunanya, salah satunya dapat menambahkan teman, kirim-kiriman pesan antar teman di facebook, juga memperbarui profil mereka agar orang/ teman dapat melihat tentang dirinya. Sangat menarik bukan ?
Tak heran dewasa ini, gembar-gembor dengan situs yang menarik dan menjadi situs yang banyak pengunjungnya. Pengguna facebook semakin marak adanya, terutama di kalangan remaja. Anak SMA contohnya. Hari-hari mereka tak lepas-lepas dari genggaman hp dan juga akses facebook yang gratis di manfaatkan oleh mereka. Banyak waktu yang tersita dengan facebook, tak hanya di waktu luang saja mereka meng-update status, uplode foto dan lain sebagainya. Waktu belajarpun mereka gunakan untuk membuka facebook, ini di karenakan adanya rasa jenuh dengan pelajaran yang di ajarkan oleh guru. Bisa saja siswa itu tidak paham dengan pelajaran yang diajarkan oleh gurunya, hingga mereka diam-diam tanpa sepengetahuan guru membuka facebook lalu mengupdate status yang menjadi suatu obrolan kocak, sedih, lucu bahkan menjadi sindiran kepada orang lain.  
Jaman sekarang memang tak heran kita renungi, para muda-mudi sudah mengikuti tren masa kini dan memanfaatkan facebook menjadi kehobian mereka. Tak mau ketinggalan dengan facebook, hari gini belum punya facebook ? Hmm.. capek dech, katro luu gak gaul banget. Tukang ojek aja punya facebook, masak kita seorang mahasiswa gak. Hahaa.. saking tak mau ketinggalan dengan facebook, anak ABG mulai berlomba-lomba membuat alamat e-mail lalu mendaftar menjadi pengguna situs yang menghebohkan ini. Drastis, mereka-mereka tak mau di bilang katro dengan jejaring yang menggiur dewasa ini. Facebook memang gila, lebih gila dari sms maupun twitter-an. Sekali update langsung menjadi suatu obrolan/ perbincangan dengan teman-teman yang tergabung dalam jejaring ini. Ini yang membuat facebook semakin banyak di kunjungi orang, tak hanya mahasiswa saja, anak SMA dan SMP pun sudah mulai menggunakan facebook. Baik itu dari kalangan sekolah, tempat kerja, maupun wilayah/ geografis.
            Facebook juga banyak menyita waktu kita terutama mahasiswa. Malam contohnya, bukan belajar malah membuka facebook. Hmm.. memang facebook tak bisa dilupakan oleh kita, selain mendapat  teman ada juga manfaat lainnya. Salah satunya bisa mendapat penumpang dari luar negeri, seorang sopir taxi contohnya yang memanfaatkan facebook dengan baik. Mencari penumpang lewat jejaring facebook dari luar negeri. Bermanfaat bukan ? Bukan hanya dari kalangan mahasiswa, sekolah atau kantoran saja yang dapat mengakses facebook dengan baik, seorang sopirpun bisa menggunakan facebook sebagai suatu yang menguntungkan dalam pekerjaannya. Tidak terbatas bagi semua orang yang ingin menjadi pengguna situs ini. Semua orang bisa bergabung dalam situs yang terbilang gaduh-ricuh ini. Karena dalam jejaring ini memang sangat heboh, ramai, dan menggila. Bisa langsung berkomunikasi dengan orang lain melalui chat yang terpampang di sebelah kanan layar monitor komputer/ laptop. Pantas saja semua orang tertarik dengan situs yang terbilang tak mau ketinggalan ini, lebih asyik di bandingkan dengan smsan. Merupakan jalur komunikasi yang lebih menggiur dan tak ketinggalan zaman. Karena bisa membuka lewat komputer/ laptop maupun handphone. Apalagi kita semua mengetahui operator memberikan akses gratis bagi pengguna kartu XL, IM3, AXIS, dan lain sebagainya. Dengan maraknya pengguna facebook, operator juga tak mau kalah memberikan akses gratisan. Bermacam cara agar orang-orang menggunakan kartu yang di iklankan di televisi maupun radio untuk mendapatkan pengguna kartu dari masing-masing operator. Semua berlomba-lomba tak ada yang mau kalah, memang banyak manfaat kita menggunakan jejaring ini. Bisa menambah kreatifitas diri kita, mengembangkan bakat melalui facebook misalnya dengan cara menguplode sebuah artikel, cerpen maupun puisi dan tulisan-tulisan lainnya. Dengan kita tak sadar orang lain bisa melihat karya-karya kita. Menjadi publik figur yang setiap hari setiap saat di perbincangkan orang-orang, bahkan di televisipun dihadirkan tayangan yang bersangkutan dengan situs beken ini. Salah satunya yaitu tayangan ”Status Selebriti”, tayangan ini di utamakan hanya untuk para selebriti-selebriti. Tak heran jika kita mengupdate status sambil menonton tayangan itu. Kita semua tahu facebook semakin marajalela dewasa ini, dengan cukup banyak fasilitas yang diberikan oleh situs ini. Tak kancah lagi, facebook membanjiri kita dan menjadi sebuah permainan yang menghebohkan. Facebook membantu mencari teman, misalnya teman waktu TK ataupun SD. Lewat jejaring facebooklah kita bisa menemukan dan berkomunikasi dengan mereka yang kita cari. Hebat bukan ? Dengan jejaring facebook kita bisa memanfaatkan sesuatu yang berguna bagi diri kita sendiri maupun orang lain.
Facebook jalan, dompet kempis. Terkadang orang juga menghabiskan uang untuk membeli pulsa, hanya karena untuk membuka facebook. Mereka tak mau ketinggalan dengan status-status terbaru di facebook. Memang ada untung dan ruginya kita menggunakan facebook, salah satunya dari kerugian itu tak lain adalah pulsa dan uang. Setiap hari setiap saat ketika kita mengupdate status, kerugian yang utama dan paling utama adalah pulsa. Banyak dari kami semua terbilang pemboros hanya karena membeli pulsa. Sekali update, pulsapun lenyap seketika hanya karena facebook yang semakin hari kita menjadi ketagihan untuk membuka situs ini. Tak mau ketinggalan dengan status-status terbaru di facebook, mereka rela kehilangan pulsa hanya untuk membuka facebook. Apa yang membuat kita ketagihan untuk membukanya? Memang facebook membuat kita ketagihan, apalagi sekali update langsung mendapatkan komentar dari teman di facebook. Bisa saja komentar yang lucu, marah dan juga sedih. Tergantung dari status mereka yang mengupdate. Facebook memang tak bisa hilang dari pikiran kita, karena dari awal beranda muncul sebuah pertanyaan yang menjadi sebuah topik pembicaraan, lalu disebarkan ke teman-teman di facebook. “Apa yang anda pikirkan?,” begitu pertanyaan yang pertama kali muncul. Semua pikiran dan unek-unek kita, kita keluarkan di situs ini. Seperti halnya orang yang sedang curhat lalu diberikan komentar oleh pendengar. Tetapi facebook memberikan cara/ tempat curhat yang lebih gokil untuk mengeluarkan segala pikiran atau unek-unek yang ada di dalam diri kita sendiri. Tempat yang paling ngetren ketimbang dengan curhat biasa yang hanya bisa didengar oleh teman-teman tertentu.
Facebook memberikan dunia baru, aktifitas baru, teman-teman baru, dan masih banyak lagi yang lainnya. Meskipun hanya dengan dunia maya tetapi banyak sekali yang menjadi ketagihan membuka situs ini, dunia maya menjadi dunia baru dalam kehidupan kita. Dengan kata lain adalah “ Dunia Cybers sedang marajalela”. Menjadi kehobian setiap orang tanpa terbatas, dunia baru yang membuat kita ricuh karena fasilitas yang di berikan oleh jejaring ini. Tak pernah kenal kata bosan mengunjungi situs ini, malah semakin ramai adanya pengguna situs yang menghebohkan dunia maya saat ini. Dunia yang penuh dengan gemerlapnya mimpi, dunia yang penuh dengan hiburan dan semakin hari menjadi pengguna yang setia mengunjungi situs ini. Situs beken, kocak dan ramai. Membuat kita senang untuk mengunjunginya.
Status Palsu
            Mengapa saya memberi judul “Status Palsu”, hmm.. saya berpikir bahwa status-status yang sering kita lihat di facebook, terkadang bukan status asli dari pengguna melainkan hanyalah kutipan dari internet yang di copy lalu paste. Terkadang orang juga menguplode gambar-gambar yang di download lalu di bagikan di facebook yang mengundang kita untuk memberikan komentar dari gambar-gambar tersebut. Facebook memberi kita informasi mengenai seseorang dan juga menjadi agenda kegiatan kita setiap hari. Saya juga salah satu pengguna dari jejaring ini, mengupdate status tiada henti dan membuplikasikan tulisan saya lewat jejaring ini, supaya orang lain tahu dan bisa membaca tulisan saya. Banyak manfaat yang saya dapat dari menggunakan situs ini, salah satunya mendapat teman yang tak lain adalah seorang penulis. Hebat bukan ? Tak perlu jauh-jauh kita mencari seorang penulis terkenal, lewat jejaring ini kita bisa saling mengenal dan menjadi teman. Banyak sekali manfaat dari menggunakan facebook ini, tapi mungkin ada juga kerugiannya bagi setiap orang. Dunia Cyber merupakan dunia di mana para avatar bertemu dan saling melihat ciri atau informasi mengenai seseorang tersebut. Dunia yang penuh dengan permainan, membuat kita ingin terus bermain dan bermain. Yap, facebook memang membanjiri kita dewasa ini, kita semua terkena demam situs yang populer ini. Tak heran kita melihat orang-orang berlomba-lomba membuka facebook, sudah menjadi agenda kegiatan setiap hari. Tetapi jangan lalai dan seenaknya menggunakan facebook, ingat waktu karena waktu ibarat uang. Waktu terbuang sama dengan uang yang terbuang, manfaatkan waktu sebaik mungkin dengan kegiatan positif yang kita lakukan. Gunakan facebook sebaik mungkin dengan hal-hal yang positif dan berguna untuk diri sendiri maupun orang lain. Tak heran judul dari tulisan ini “Banjir Facebook”, karena facebook memang sudah membanjiri kita bukan? Banyaknya pengguna facebook semakin marak adanya. Remaja dan remaja, sangat rentan dengan gaya maupun yang lagi tren saat ini. Facebook contohnya, mereka semua tak mau ketinggalan, sekali nyoba langsung ketagihan untuk membukanya. Orang bilang ngga punya facebook ngga gaul, hari gini ? Tidak mengikuti tren banget, facebook menjadi hobi para remaja untuk terus menjadi pengguna setia. Facebook memang membanjiri kita semua, di sekolah atau ditempat kerjapun facebook aktif dibuka. Memang facebook sudah menjadi penyakit yang tak bisa hilang dari kehidupan kita sehari-hari, karena terus dikunjungi oleh para penggunanya. Menjadi demam dengan facebook, tak hanya waktu-waktu luang saja. Tengah malampun facebook sering digunakan oleh kita semua. Siapa yang tak mau dibanjiri dengan facebook kalau semua orang senang berkunjung di situs ini. Demam facebook, ooh yee panaaaaaaaassssss... !! hahaa...

Oleh: Selfia Mona Peggystia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar