Jumat, 29 Maret 2013

Pembuatan Tas dari Kulit, Sintetis dan Batik


Pembuatan Tas dari Kulit, Sintetis dan Batik
Oleh: Selfia Mona Peggystia


            Jika Anda berjalan-jalan bersama teman, keluarga, maupun pacar pasti sering menemukan toko-toko yang menjual tas. Misal saja di Matos. Khususnya untuk kaum hawa yang hobi shooping. Berbagai ragam tas masa kini yang membuat kaum hawa tertarik dan dengan banyak ragam modelnya, apalagi keluaran terbaru bisa-bisa menabung terlebih dahulu untuk membeli tas tersebut. Tas juga merupakan kebutuhan utama bagi Anda yang tiap harinya beraktifitas hingga harus memakai tas untuk membawa keperluan Anda. Misalnya saja, membawa buku atau berkas-berkas penting, make up dan segala sesuatu yang Anda butuhkan dalam keseharian Anda. Tak hanya memakai, mungkin Anda ingin mengetahui bagaimana sih proses dari pembuatan tas tersebut, alat dan bahan apa saja yang di pakai dalam pembuatan tas yang sering Anda gunakan.
            Banyak yang tak mengetahui tas itu terbuat dari bahan apa saja, atau mungkin tak mau tahu dan hanya ingin memakainya saja. Yang menjadi peranan utama dalam pembuatan tas adalah bahan-bahan dari kulit, sintesis, dan batik. Bahan tersebut di dapat dari toko-toko di Malang dan luar Malang seperti di Surabaya. Aksesoris juga di gunakan sebagai hiasan atau manik-manik dalam pembuatan tas. Modelnya juga mengikuti model zaman sekarang, bisa juga sesuai dengan pesanan konsumen, gaya tradisional dari batik dengan tampilan modern pun bisa di buat. Sehingga tas yang dihasilkan bervariasi dari segi bentuk dan modelnya. Tak heran bila melihat tas di pasaran atau di toko-toko yang beragam modelnya. Para pengusaha tas memang jeli dan tak mau kalah saing. Semakin modernnya zaman sekarang ini semakin modern pula tas yang di buat agar konsumen tertarik.
            Alat yang digunakan dalam pembuatan tas ini adalah mesin jahit, emboss, slet dan gunting. Mesin jahit yang digunakan di sini ada dua, yang pertama mesin jahit untuk jahitan yang tipis dan mesin jahit untuk jahitan yang tebal (obras). Cara membuatnya yaitu siapkan bahan dari kulit, sintetik, atau batik. Di potong sesuai keinginan, bisa bentuk bundar atau persegi sesuai selera konsumen dan dirapikan di pinggir-pinggirnya menggunakan slet. Kemudian di jahit dengan jahitan biasa kemudian di obras agar jahitan pada tas tidak mudah rusak. Jika ingin memberikan aksesoris atau merk bisa menggunakan emboss agar merknya lebih merekat. Dengan begitu jadilah sebuah tas. Dalam sehari bisa menghasilkan dua atau tiga tas dengan dua orang karyawan saja. Gaji atau upah karyawan tak pernah di beda-bedakan melainkan di bagi sama rata sesuai pesanan dan banyaknya tas yang terjual. Hebat bukan hanya mengandalkan dua karyawan yang ikut membantu dalam proses pembuatan tas ini. Apakah Anda tertarik membuat tas sendiri di rumah Anda ? Bisa saja Anda lakukan jika mempunyai alat dan bahan yang lengkap, juga ketelatenan khusus dalam membuatnya dan butuh kesabaran.
            Pemasaran produk bisa ke luar Malang maupun di Malang di toko-toko tas di Matos, bisa lewat online, juga pemesanan langsung ke tempat produksi tas. Biasanya pelanggan tetap datang langsung ke tempat produksi dan memesan sesuai selera yang di inginkan. Memang dulu belum ada pelanggan tetap. Namun berawal dari tetangga lalu dari mulut ke mulut hingga berkembang pesat ke seluruh Malang sampai ke Surabaya. Pemesanan lewat online pun sudah lumayan banyak dan sampai sekarang produksi tas masih berjalan lancar dengan menawarkan model yang bervariasi dan tentunya mengikuti zaman yang semakin modern.
            Beragam tas dengan berbagai model di suguhkan untuk para konsumen oleh pengusaha tas. Tak canggung-canggung untuk membeli dan segera memiliki tas keluaran terbaru dengan gaya baru dan modern. Ide yang cemerlang, ketelatenan dan kesabaranlah yang dibutuhkan oleh para pengusaha agar produksi tas yang dihasilkan bisa memikat hati para konsumen. Tas memang merupakan kebutuhan utama bagi Anda khususnya kaum hawa yang setiap saat beraktifitas, entah itu ke kampus, ke tempat kerja, atau hanya untuk berjalan-jalan saja. Tak lengkap rasanya tak membawa tas jika bepergian. Anda juga merasakan seperti itu bukan ? Nah, Anda pasti tak mau ketinggalan untuk mempunyai tas keluaran terbaru dengan model yang bervariasi. Tunggu apalagi, segeralah Anda datangi tempat produksi tas di Akordion Sukarno Hatta, Malang Jawa Timur.




6 komentar:

  1. makasih ya, udah promosiin tempat produksi kami. :)

    BalasHapus
  2. kira-kira disana bisa untuk kursus membuat/menjahit tas ndak?kalau bisa, biayanya berapa?

    BalasHapus
  3. Boleh minta alamat lengkapnya?

    BalasHapus
  4. Embak mau tanya Kalo beli peralatan untuk jahit kulit itu dimana?

    BalasHapus
  5. trimakasih atas informasinya

    BalasHapus