Jumat, 29 Maret 2013

Sumpah Pak Bemo


Sumpah Pak Bemo
Oleh
Selfia Mona Peggystia



Terik siang itu terasa membanjiri tubuhku. Hari itu memang panas, entah apa yang membuat panas seperti berjarak lebih dekat dengan matahari sehingga keringatpun menetes. Seperti biasa kulihat bemo itu berdiri dari jarak yang tak begitu jauh dan telah menungguku. Ooia aku sampe lupa ngenalin diriku sendiri, hehe... Aku Nesy siswi dari SMA terfavorit, dari dua bersaudara dan akulah yang paling besar yang harus memberi contoh terbaik ke adikku. Haah, merepotkan juga menjadi seorang kakak mesti nurut apa yang di suruh mama, kalo engga bisa nyengel-nyengel layaknya pasar yang ramai. Aku baru kelas 2 SMA dan mengambil jurusan Bahasa sesuai minatku. Alhasil nilaiku tak begitu meremehkan, yaah meski kadang cuma sekali dapet nilai rendah ketika ulangan, hehee.....
Sejakku mulai duduk di kelas Bahasa, aku mulai mengenal dua sahabat yang sedari dulu aku kenal sejak kelas 10. Mm maklum kami bebarengan suka membaca bumbu-bumbu seperti novel komik dan lain sebagainya. Tertarik juga ngambil jurusan Bahasa, sapa tau bisa jadi penulis beneran yang menciptakan sebuah alur cerita seperti novel yang sedang kubaca ini. Aku dan kedua sahabatku itu sangat dekat, apa-apa mesti cerita ke mereka berdua, ini itu wajib aku ceritain. Rasanya ga afdol ga cerita sama mereka, mereka berdua sangat mengerti aku. Selalu ada jika aku butuhin mereka, seneng sedih pasti ada mereka begitupun sebaliknya. Persahabatan kami cukup menyedot perhatian seisi sekolah, gimana engga, setiep jam istirahat ga perna maen sama temen-temen yang lain cukup dengan kedua sahabatku itu. Aku menganggap mereka berdua seperti sodara aku sendiri, yang satu umurnya lebih besar dari aku setaun dan kadang aku memanggil dia kakak, hahaa... Satunya lagi umur kami sama cuma bulannya aja yang ngebedain, aku bulan maret sedang sahabatku itu bulan mei. Yah aku kadang manggil namanya, kalo bosen panggil nama, aku panggil dia adek, hahahaa.....
Mm oalaah aku aja nee yang masi betah sendiri dan ga perna jadi, bukan berati ga mau cuma belom ada aja cowok yang beruntung dapetin aku, hmm... J Ga seperti kedua sahabatku itu, mereka berdua masing-masing punya cowok dan hubungan berpacaran mereka sampe sekarang langgeng-langgeng terus, kapan putusnya ya biar ada yang nemenin aku dinner bareng. Hmm ga kok engga semoga kisah cinta kalian langgeng-langgeng terus dah sampe jadi nenek moyang nanti, tapi jangan sampe lupain aku yang jadi sahabat terbaik kalian berdua. Kalian punya cowok, akupun ada, ada papa di rumah, masih banyak yang buat hari-hariku selalu tersenyum meski ga ada seorang yang disebut “pacar”. Banyak yang bilang hidup tanpa cinta terasa sunyi tapi aku mah hepi-hepi terus, cinta dari orang tua dan keluarga yang penting selalu ada dalam diriku, itupun udah cukup kurasa dan mungkin nanti kalo ada cowokpun aku pasti ngeutamain keluargaku. Males deh denger orang yang berpatah hati gara-gara pacar, ujung-ujungnya kan begitu aja. Segini aja deh, ga punya pacarpun tetep hepi, mau deket sama sapa aja ga ada yang larang selagi orang yang kukenal baik kepadaku. Begitu emang lebih baik, pikirku.
Jam pulang sekolahpun telah tiba, seperti biasa pak bemo selalu menunggu penumpang setianya dan akulah salah satunya. Lekas saja aku membereskan buku yang tergeletak diatas meja dan berlari kecil karena takut bemo yang selalu ku tumpangi kepenuhan. Begitu aku naik ke bemo, suara panggilan namaku terdengar, akupun menoleh kearah suara itu. Ternyata mereka cuma memperlihatkan aku kesenengan mereka di jemput pacar saja, dasar mereka berdua gitu aja pake dipamerin ga tertarik sedikitpun, akupun menggeleng-geleng ga penting. Pak bemopun ikut ngejek dan bertanya kepadaku, ga di jemput pacar juga neng?? Ehem, lain kali aja deh pak mending bemo ini cepet jalan aja dululah supaya cepet nyampe rumah, jawabku tegas. Pak bemopun melanjutkan, “okelah neng, kagak usah punya pacar aja deh neng biar tetep jadi penumpang setia bapak. Oalah bapak ini sungguh terlalu kata-kata itu, pikirku seneng apa di bilangin gitu, kata-kata itu kan sebagian dari do’a pak, sergahku sambil membengis melototin pak bemo. Iapun langsung terkaget dan langsung pergi, dasar si pak bemo...!!!
Stiker huruf di bemo ini juga buat aku tambah buyer kepontang panting nyari apa maksud huruf yang ditambah-tambah itu. Ee apaan sih maksud stiker A+B2+C=K, setiep naik bemo ini ga perna tau arti dari huruf tu padahal uda lama banget naik bemo ini. Aduh Nesiiiiiiiiiy, hallooo kemana aja kamu, padahal kamu termasuk penumpang setia pak bemo kok malah ga tau sih, begitu ucap temen di sebelahku. Itu artinya aku bener-bener cinta kamu, suara yang ga jelas terdengar karena emutan lolipop kesukaannya. Haah ada-ada saja itu kepanjangannya.
Lama di perjalanan akhirnya nyampe juga di gerbang rumah setelah berpamitan ke temen-temen yang lain. Begitu masuk rumah, langsung menuju kamar mengganti pakaian dan langsung ke meja makan menyantap hidangan siang itu. Hmm beberapa lama kemudian setelah semuanya usai kantukkupun tak bisa terkendali dan langsung merebahkan tubuhku di ranjang.
Jam 4 sore
            Adzan berkumandang. Mulai bersiap-siap di panggil oleh rutinitas sore itu. Langsung saja kumulai mengerjakannya sambil dengerin lagu dari headsets hapeku. Kulihat seorang cowok lewat dan memberi senyum manis kepadaku. Akupun membalas senyumnya. Diman, ialah orangnya. Yang katanya suka sama aku daridulu dan aku lumayan deket sama dia. Dia baik dan sering nunjukin perhatiannya sama aku, maklum untuk mendapatkan perhatianku, ya jadi harus berjuang keras demi cinta.... :D


Malampun tiba, hiruk-pikuk suasana angin menggeliat di sekujur tubuhku. Terasa dingin namun segelas susu coklat mulai menghangatkanku. Ku mulai memencet-mencet hape dan ga lama Diman mengirimi aku sms. Seperti biasa lagak muda-mudi  jaman sekarang, begitulah smsku dengan Diman berjalan. Mm entah yang keberapa kali dia bilang mau menungguku sampai aku suka dengannya. Dan malam itupun dia bener-bener serius menyatakan keluh-kesah perasaannya keaku. Namun aku tak terlalu menghiraukannya, karena menurutku cowok terbaik adalah mengatakan cinta di depan orang yang dia cintai.
Remang-remang terlihat kunang-kunang di sudut malam yang menghiasi halaman depan rumahku, di tambah cahaya bintang-bintang bertaburan. Sungguh nan indah malam itu. Selimut yang selalu menemani dan menghangatkanku membuat aku terkantuk-kantuk dan perlahan mulai memejamkan mata. Awan gelappun mulai menutupi bulan lalu berucap selamat tidur kepadaku dan menjadi malam yang indah di tidurku.
Nesy sudah menjadi kembang di tidurnya, Dimanpun gelisah dengan perasaannya, bertanya-tanya apa cintanya cuma bertepuk sebelah tangan. Ga bisa tidur karena terus memikirkan sang dambaan hati. Ia mulai memikirkan lalu memutuskan besok siang adalah saatnya. Saat ia akan mengutarakan isi hatinya, ia takut sang dambaan hati di ambil orang lain. Betapa sakitnya bila dia bersama orang lain dan betapa bahagianya bila aku mendapatkan cintanya. Tuhan, bantu hamba, begitu ia berdo’a pada malam itu dan akan menunggu esok hari yang menjadi senyum indah yang akan dilihat nantinya. Good luck untukku..... ^^
Pagi nan cerah telah datang. Semerbak aroma bunga harum sedap malam di halaman rumah tercium sampai kehidung. Rasanya hari ini bakalan ada sesuatu yang mengejutkan, begitu pikirku. Lantas langsung saja aku menuju meja makan untuk sarapan. Roti bakar dan susu hangat menjadi pengisi utama perutku. Akupun berangkat dengan semangat dan senyum yang meyakinkan. Setiap hari selalu berdiri satpam sekolah di depan gerbang, pria tinggi jangkung itu namanya pak Tejo. Pagi pak, begitu sapaku kepada pak Tejo. Langsung saja membalas dengan ucapan selamat pagi dan senyum yang selalu nempel di pipi pria jangkung itu.
Kelas begitu ribut karena ada ulangan dadakan tanpa ada pemberitauan dari guru, ini nih yang paling aku ga suka. Apaan coba guru-guru ni, masak ulangan dadakan begini kan belom belajar. Nanti kalo hasil ulangannya dadakan juga ga usah protes pak, sapa suruh ada ulangan dadakan, ucapku dengan kesal. Belpun berbunyi dan pelajaranpun di mulai. Satu kertas harus udah di sediakan di atas meja, soalpun menguji kemampuan otakku. Kupelototin soal yang kubaca, sungguh agak menyulitkan bagiku, lalu kucoba yang ku bisa. Berharap nilai ulanganku baik-baik nantinya. Setelah lama mengotak-atik otak tak terasa waktu tersisa sepuluh menit lagi, adehh mati dah aku. Kujawab sebisaku saja tanpa menghiraukan panggilan dari temen-temenku.
Belpun menandakan waktu yang sudah usai untuk mengerjakan soal. Hmm akhirnya lega juga setelah semuanya selesai. Sepertinya ga ada jam pelajaran lagi hari ini karena ada rapat antar guru dan itu artinya aku bisa main-main bersama kedua sahabatku. Yeyee, begitu senangnya aku. Langsung saja ku gandeng tangan kedua sahabatku, lalu mengajakknya duduk bersantai di bawah pohon mangga dekat telaga sekolah. Mulai bercakap-cakap dan ngegosip seputar cerita anak seisi sekolah. Cewek emang rajanya ngegosip tapi jangan sampe deh aku yang jadi bahan gosipnya. Berlama-lama duduk di bawah pohon terasa menyenangkan, gimana engga, semua pada ikutan nimbrung duduk di perapian bebatuan pinggir telaga. Ada yang mancing mania, ada yang foto-foto dan lain sebagainya. Ku mulai membuka hapeku dan ternyata Diman mengirimi aku sms. Ketemuan yukz, begitu ajaknya kepadaku tapi aku hanya membalas dengan senyum. Tumben ngajakin ketemuan, ada apa ya, sempat bertanya pada diriku sendiri. Belum berapa menit Diman mereplay smsku, aku tunggu kamu Nesy. Hmm, langsung tergaket dan bertanya lagi ada apa ini. Perasaan mulai beda dan pertanyaan selalu muncul dalam pikirku, kenapa dan kenapa.
Bel tiga kali, itu berarti menandakan waktu pulang sekolah. Berjalan bertiga menuju bemo yang biasa ku tumpangi dan stop. Langkahku terhenti karena Diman tepat berdiri di hadapanku. Kaget dan gugup, ga biasanya aku kaya gini, menjadi salah tingkah. Nesy..... di depan semua orang aku akan jujur padamu. Aku bener-bener cinta kamu, bener-bener serius sayang sama kamu Nesy. Maukah kamu jadi pacarku?? Semua orang yang mendengarkan langsung terpusat kepada mereka berdua terutama si pak bemo. Olaah ga rugi-rugi aku nempel stiker huruf ini ternyata ada gunanya juga ada yang nyatakan cinta sama rumus cinta ini. Pak bemopun mendukung Diman dan memimpin semua yang melihat sepasang sejoli muda ini untuk bersorak “TERIMA”. Hati Nesy semakin dagdigdug, ternyata kesampean juga ada seseorang yang secara langsung menyatakan cinta padanya. Dimanpun memberi pilihan, jika Nesy menolak dia ga akan menaiki motor Diman dan sebaliknya jika diterima dia pasti dengan anggunnya di bonceng pulang sampai rumahnya dengan selamat. Dimanpun sudah menyalakan motornya, jawaban apapun itu bakal ia terima, sakit ato seneng bakal dia terima dengan lapang. Nesy tersenyum pada Diman dan perlahan mulai menaiki motor Diman. ”Yesssssss, aku diterima”, teriak Diman. Kedua sahabatnyapun ikut senang melihat Nesy punya pacar baru dan mulai berkedip-kedip pada Nesy. Hati-hati bawa Nesy ya, begitu pinta kedua sahabat Nesy. Pak bemopun ikut senyum bahagia sekaligus sedih karena senyumnya adalah melihat kedua sejoli bisa berpacaran, sedihnya ya ga ada yang tumpangi bemonya lagi, kasian si pak bemo..... :D
Hahaa, itulah cerpen dariku untuk kalian semua baca. Terinspirasi dari temen yang menceritakan tentang maksud dari stiker di bemo yang sering nunggu depan esemaku dulu. Semoga kalian terhibur membaca cerpenku ini..... ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar